Minggu, 08 Maret 2020

[RESENSI] Miss Wanda by Eriska Helmi




source: google


Judul: Miss Wanda
Penulis: Eriska Helmi
Penata letak: Syafitri
Desainer sampul: @Hayharits
Penerbit: Elex Media Komputindo (2019)
ISBN: 978-623-00-0615-19 (Digital)
Jumlah halaman: 326 hlm
Baca via: Gramedia Digital

Blurb: Menjadi seorang guru yang disenangi para murid serta tunangan pengusaha kaya dan tampan, nyaris membuat hidup Wanda sempurna. Namun mimpi buruk selalu datang tiba-tiba, mencuri segenap kebahagiaan yang dimiliki. Kecelakaan telah merenggut Bagas dari hidupnya, meninggalkan segenap kesedihan yang amat mendalam.

Ardhito sudah menaruh perhatian kepada Wanda sejak mereka bertemu pertama kali di sekolah. Namun dia mundur teratur sejak tahu bahwa Wanda milik Bagas, temannya. Ketika Bagas meninggal, dia memiliki celah untuk masuk ke hidup Wanda. Hanya sedikit, karena perempuan itu sama sekali tidak pernah melihat dirinya seperti cara orang-orang melihatnya, sebagai artis yang banyak dikagumi.

Apakah Wanda bisa bangkit dari keterpurukan dan menemukan kembali harapannya bersama Ardhito?

----

Woy sumpah blurbnya spoiler bat tapi ya mau gimana lagi, tadinya mau nulis blurb sendiri tapi kepikiran takut pada nyangka spoiler kalau aku bilang Bagasnya mati.

Oke, jadi, aku udah tertarik baca novel ini dari lamaaa, karena ceritanya tentang guru, kisah cintanya dan melibatkan murid juga. Asik nih. Wew. Tapi baru sempet baca Miss Wanda sekarang.





Kesan pertama, aku...nggak terlalu suka pemilihan nama Ardhito, jadi keingetan aktor enkacetehai. Mana tokohnya artis pula, halah.. bawaannya males aja nih kalau ada si Ardhito di novel ini, padahal dia tokoh utama ugh.

Kedua, sebenernya perasaanku buat novel ini setengah-setengah, aku bingung apa aku suka atau nggak sama novel ini. Karena konsepnya seteng-seteng, aku review-nya langsung dibagi dua aja yak.

Mulai dari hal-hal yang aku kurang suka dulu:

Pertama, nama Ardhito, hehehe.

Kedua, ide mematikan tokoh Bagas. Serius dah, Bagas muncul hampir(?) mau ke tengahnya, dan memang isinya tentang dia yang bagus-bagus doang wong mau dimatiin karakternya, cuma ya aku kurang srek aja, kenapa gak dari awal aja matinya..kalau dimatiinnya ditengah sebagai puncak konflik kayaknya gak pas aja gitu.

Ketiga, konsep instalove-nya Ardhito. Ini sih paling ganggu. Sejak pertama melihat? Seorang artis cakep terbiasa liat cewek-cewek cakep lain sesama artis bisa jatuh cinta sama guru biasa kayak Wanda? Seriously ..... ? Bukan maksud menghakimi kecantikan Wanda yang mungkin ulala, tapi jatohnya kayak fairytale banget deh disukai sama artis, mana jelas-jelas bidang pekerjaannya jauhhh, mana si artis sukanya at first sight gitu huhu. Jadi berasa baca fanfiction :’)

Keempat, banyak narasi yang gak perlu hehe menurutku yahhh, jujur aku banyak skip-skip karena udah bosen sama narasinya mau langsung tau aja gimana cerita mereka, terus si narasinya juga banyak ngegambarin pergerakan tokoh yang bikin capek aja gitu bayanginnya. Ini pendapat pribadi yah!!

Segitu hal-hal yang aku kurang suka. Sekarang bagian yang aku sukanya:

Pertama adalah karakter Wanda, oke sebenernya seteng-seteng juga sih sama hal ini. Di awal aku suka sama dia, tegas, baik, guru idaman, terutama saat dia lagi ngehindarin banget si Ardhito yang annoying, sumpah can relate banget wkwk tapi setelah Bagas meninggal, aku ngerasa si Wanda ini jadi berubah ‘lembek’, perubahan sikapnya ke Ardhito juga nggak kuat, padahal dulu dijauhin mati-matian. Sama kayak instalove-nya si Dhito, perubahan sikap Wanda ke Ardhi juga gitu, tiba-tiba, ada sih alasannya, tapi menurutku gak kuat.

Kedua, blurbnya bohong! XD Ardhito mundur teratur? Pffftt. Kagak. Dia fakboi annoying banget menurutku hahaha tapi gegara reaksi Wanda yang cakep aku jadi demen nih cara gangguin si Ardhito. Bikin ikutan kesel, serasa aku yang digangguin wkwkw. Nilai kebaperan 7/10 buat bagian yang ini.

Ketiga, murid-murid tersayang, Ari, Mike dan Edel lumayan bikin aku bersemangat lanjutin baca. Terutama Ari. Dan humor di novel ini juga mayan lah 5/10.

Keempat, latar sekolah! Aku sukaa banget kebetulan juga aku mendadak banting stir dan bakal jadi calon guru magang tahun depan, sama-sama di bidang bahasa Inggris kayak Wanda hehe. Suka juga sama istilah-istilah kependidikan gitu heeee.

Udah sampai di situ aja. Jujur setelah Bagas meninggal dan giliran Ardhito beraksi tanpa rintangan (kecuali perasaan Wanda yang belom move-on) aku mulai kurang tertarik sama ceritanya, tau lah gimana akhirnya, tau juga gimana jurus-jurus si Ardhito, nggak bikin baper sama sekali 1/10 (angka satu buat ngelus kepala meskipun heran juga si Wanda mau mauan aja).

Overall, ceritanya biasa aja menurutku, yang berkesan pas awal-awalnya aja waktu masih ada Bagas. Kalau dikalkulasiin, tingkat kebaperannya 5/10 aja buatku. Jumlah hal yang disuka dan tidak disuka pun sama-sama ada 4. Yah, jadi aku cuma ngasih 2.5ó yang dibuletin jadi 3ó di goodreads buat novel ini. Recommended gak? Yah gak tau juga ya, nilaiku cuma setengah, silakan simpulkan sendiri tertarik apa nggak baca novel Miss Wanda. Hehe.

See you in the next review! Jangan lupa masukin e-mail kamu di bawah atau klik tombol follow kalau mau dapetin update review dari aku. Bye~



1 komentar:

  1. ada 9 permainan poker menarik di AJOQQ :D
    ayo segera bergabung dan dapatkan bonusnya :D
    WA : +855969190856

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Fav-Qoutes

"Kekuatan ada pada diri orang-orang yang tetap bangun dan menjalani setiap hari meski hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah hidup. Kekuatan datang dari senyum mereka yang bersedih, dari orang-orang yang telah kehilangan segalanya namun tetap bertahan." (Some Kind of Wonderful by Winna Efendi

"Billie tidak bisa berhenti bertanya-tanya dengan naif mengapa beberapa wanita mendapatkan banyak hal sejak mereka dilahirkan -kecantikan, pendidikan, kekayaan, bakat- sementara yang lain harus memulai hidup dengan begitu sedikit anugerah." (The Girl On Paper by Guillaume Musso)

“Dia akan pergi lagi. Dia akan pergi lagi dan lagi sampai umurnya cukup dewasa dan tidak ada lagi yang bisa mengirimnya pulang.” – hlm 363 (Little Fires Everywhere by Celeste Ng)