Minggu, 29 Maret 2020

[RESENSI] Second Chance by Flara Deviana

source: goodreads


Judul: Second Chance
Penulis: Flara Deviana
Editor: Ruth Priscilia Angelina
Penyelia naskah: Vania Adinda
Ilustrasi sampul: Sukutangan
Penata letak: Bayu Deden Priana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2020)
ISBN: 9786020636320 (digital)
Jumlah halaman: 296 hlm.
Baca via: Gramedia Digital

---

warning: bacanya santai aja ya biasa aja takutnya ada yg baper haha

----

Aku mau nulis blurbnya sendiri, soalnya blurb aslinya kepanjangan untuk novel simpel kayak gini. 

Bercerita tentang Flavia, seorang pengasuh di day care yang terlilit utang mendiang ibunya lalu putus kuliah demi membayar utang-utang tsb. Sahabatnya, Dela, menyarakannya untuk kerja menjadi pendamping bocah kembar Okan dan Olin yang punya Papa galak bernama Ray. Via jadi pengasuh dan harus tinggal nginep di rumah Ray, tauuu kan mauuu di bawa kemana kapal ini uwu.

Meski jalan keceritanya ketebak gitu, tapi pembawaan novel ini bagus loh, kisah masa lalu Ray juga oke meski sudah bisa ketebak intinya aslinya gimana. Aku suka narasinya yang rapi banget dan enjoy ketika dibaca, perbabnya banyak halaman tapi aku tumben cepet baca novel ini hehe.





Aku juga suka konfliknya meski secara garis besar udah biasa banget, lah ya, si kembar maunya cuma sama tante Via titik, cuma Via yang sanggup ngadepin si kembar titik. Aku tertarik baca ini karena sering banget liat temen-temen di goodreadsku update lagi baca ini, bahkan sebelum bukunya resmi terbit huehue. Dan setelah ada di GD, cuss langsung donlot.

Aku sih nggak masalah sama tipe konflik yang udah ketebak gini, memang sengaja pengin baca, lagi pengen keuwuan soalnya. Gapapalah klise asal uwu, gitu pikirku, hehe. Tapi setelah baca ini, jujur aku agak kecewa karena aku tidak merasakan keuwuan yang kuharapkan kkkkk.

Konfliknya simpel tapi ngena, alurnya pas, sederhana tapi adaan lah gitu. Yang aku kurang suka di sini cuma karakternya huhu. Dua-duanya pun aku tak suka maafff.

Pertama, Ray, digambarkan sosok pria galak bertato gitu, trus dia tuh nggak deket sama si kembar, dingin abis. Awalnya aku masih b aja gitu, tapi pas puncak konflik aku merasa dia sangat immature. Sebenarnya ada dua opsi, Ray memang immature atau aku yang gagal menyerap penderitaan dan trauma dia. Udah. Karena memang jujur aku merasa karakter keduanya kurang kuat dan aku gak dapet emosinya. Puncak konflik dah pokoknya super ilfeel.

Yang kedua, Flavia, aduh nak, aku paling sebel sama kamu huahsuahsua sebenernya dia digambarin jadi karakter yang oke, independent, cerdas, sabar, supel bla bla sempurna amat idup lu udah dah, dikelilingi cowok ganteng dan sahabat-sahabat yang oke punya. Utang ibunya? Nyaris cuma sebagai background doang dan sama seperti Ray, aku nggak ngerasain emosi/feeling apa pun tentang penderitaan Flavia.

TAPI sebenernya bukan itu yang membuatku males sama tokoh Flavia, melainkan karena tawaran PAPANYA NORA, sahabat Via. Lagi-lagi aku merasa tokoh ini immature, atau gede gengsi, keras kepala, atau apalah gatauuuu pokoknya sebel dah baca aja sendiri kalau penasaran apa yang ditawarin papanya Nora ke Via pas dia putus kuliah(?) sumpah kalau kalian masih sayang Via, kita musuhan. Hahahahabweifjwifcej. Bercanda.

Overall, terlepas dari kedua karakter utama yang biasa aja (dan mencak-mencaknya aku) novel ini rapi dari segi konflik dan alur, sederhana dan enak dibaca, ada 17+ nya juga kalau-kalau mau tau haha, eksekusi novel ini bagus sekali dan masuk akal.

Novel ini nggak aku rekomen sih soalnya gak bagus-bagus amat tapi juga nggak jelek sama sekali. Bebas silakan yang tertarik ya monggo dibaca. 3/5ó dari aku, tadinya mo ngasih seteng, tapi novel ini nggak nyebelin kok jadi ku masih kasih 3, nilai aman versi aku ^_^

Jangan lupa subscribe email kalian di bawah atau klik tombol follow kalau mau dapet update review 
dari aku. See ya!




1 komentar:

  1. Poker online dengan presentase menang yang besar
    ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :D
    WA : +855969190856

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Fav-Qoutes

"Kekuatan ada pada diri orang-orang yang tetap bangun dan menjalani setiap hari meski hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah hidup. Kekuatan datang dari senyum mereka yang bersedih, dari orang-orang yang telah kehilangan segalanya namun tetap bertahan." (Some Kind of Wonderful by Winna Efendi

"Billie tidak bisa berhenti bertanya-tanya dengan naif mengapa beberapa wanita mendapatkan banyak hal sejak mereka dilahirkan -kecantikan, pendidikan, kekayaan, bakat- sementara yang lain harus memulai hidup dengan begitu sedikit anugerah." (The Girl On Paper by Guillaume Musso)

“Dia akan pergi lagi. Dia akan pergi lagi dan lagi sampai umurnya cukup dewasa dan tidak ada lagi yang bisa mengirimnya pulang.” – hlm 363 (Little Fires Everywhere by Celeste Ng)