Kamis, 12 Mei 2022

'Macet-macetan' di Ganjil-Genap karya Almira Bastari (resensi)

 

source: goodreads



Judul: Ganjil Genap

Penulis: Almira Bastari

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2020)

Jumlah halaman: 344 hlm.

Baca via: Gramedia Digital

 

Setelah sukaaa banget sama Resign! aku pengen banget baca lagi karyanya Almira Bastari. Tapi waktu itu lagi nggak mau baca wedding marathon, jadi pas Ganjil Genap terbit, tertarik dong, dan baru bisa baca sekarang.

Awal-awal baca ini auranya udah mirip Resign deh, kayaknya menyenangkan dan ngalir. Semangat banget bacanya walaupun nggak tau tokoh utamanya siapa.

Ganjil-Genap bercerita tentang Gala yang baru aja diputusin sama pacar 13 tahunnya yang bernama Bara. Katanya sih, Gala terlalu baik dan Bara sekarang mikir kalau Gala bukan orangnya, alias bukan orang yang tepat buat dinikahin Bara. Bah.

Sialnya, ternyata adik Gala yang bernama Gisha mau nikah juga. Masa ngeduluin kakaknya sih? Mana Gala juga tahun depan udah umur 30. Sasaran empuk banget buat jadi bulan-bulanan keluarga ga sih?

Makanya Gala mutusin untuk cari cowok baru yang kalau bisa bakal ditarik ke pelaminan sebelum keduluan Gisha. Seluruh isi novel inilah yang menceritakan perjuangan Gala buat nemuin pasangan baru.

Di awal, aku sempet gereget karena nggak tau siapa male lead di novel ini. Pas Gala ketemu satu cowok, eh gagal. Ketemu yang lain, gagal lagi. Gemes banget! Padahal kan aku pengen mulai nge-ship gitu haha.

Trus akhirnya ada satu cowok yang muncul terus-terusan, nah, kalau aku sebutin namanya, spoiler nggak ya? Pokoknya bilang aja si A. Dari setiap tragedi di hidup Gala, si A ini muncul terus. Sayangnya, aku kurang suka sama karakter si A.

A ini menurutku adalah red flag berjalan. Karakternya creepy, bikin ngeri-ngeri sedap lah. Touchy, gombal basi, posesif, arghh i caaant.

Trus karakter Gala sendiri, entah kenapa aku juga nggak begitu suka dia. Menurutku, dia flat, nggak ada uniknya meskipun kata Gala sih dia beda dari cewek-cewek lain. Ga tau deh di mana bedanya. Perasaan dia biasa aja.

Yang paling bikin aku nggak terlalu menikmati novel ini adalah konfliknya sendiri. Agak nggak terlalu masuk akal menurutku. Gatau ya kalau kalian ada yang pernah ngalamin ini. Aku sih, cant relate haha.

Gala ini nggak punya sedikitpun masalah selain jodoh. Hidupnya sempurna. Di poin ini, aku merasa ada yang nggak beres deh. Masa sih, nggak ada faktor lain gitu? Jadi bener-bener fokus cuma di cari jodoh aja.

Dia diputusin Bara setelah pacaran selama 13 tahun tapi nggak terlalu kerasa galaunya. Malah langsung cari cowok baru? Are you kidding me.. emang sih pas beberapa kali dikatakan kalau Gala keinget Bara mulu dan nangis pas ketemuan. But those were not enough for me.

Yang paling mengherankan, tiap Gala inget kelakuan Bara selama mereka pacaran tuh nggak ada bagus-bagusnya dah si Bara?? Cenderung sama-sama red flags kayak si A. Kok bisa mau pacaran sampe 13 tahun?

Menurutku, konfliknya agak gimana gitu. Emang sih banyak yang diomongin kalau nikah terlalu tua bagi cewek cuma aku tetep ngerasa aneh aja. Konteksnya kan Gala baru diputusin, harusnya bisa lebih perhatian lah, masa iya sampe segitunya nyari cowok demi nggak diduluin adik.

Pokoknyaaa, aku nggak sreg sama konfliknya. Kalaupun memang beneran ada yang kayak gini, paling aku cuma bisa heran aja deh, why are people so sick?

Terus, ternyata meskipun gaya bahasanya yang tetep asik kayak Resign, aku nggak seterhibur pas baca Resign sih. Humornya nggak sampe ke aku. Kisah pertemanan Gala juga biasa aja. Duh.

Dari awal sampe akhir ini novel biasa aja. Flat jadinya. Ditambah karakter A yang ew banget. Aku tadinya mutusin buat ngasih 2 bintang aja ke GG T_T

TAPI, thank God, eksekusinya bikin aku lega hahaha pokoknya baca aja deeeeh. Ending yang nggak aku sangka bakal dipake, udah tegang, udah mau ngasih 2 bintang, ehhh jadi naik ke 3.

Overall, aku tetep nggak terlalu suka GG sih. 2 bintang juga cuma karna ‘it was ok’. Boleh lah dibaca buat kalian yang mau tips cara mengatasi kejombloan, aku sih belum perlu. Nambah satu bintang lagi karena endingnya bagus. Dah segitu aja.

Dont forget to click follow button/submit your email! See you on the next review!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Fav-Qoutes

"Kekuatan ada pada diri orang-orang yang tetap bangun dan menjalani setiap hari meski hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah hidup. Kekuatan datang dari senyum mereka yang bersedih, dari orang-orang yang telah kehilangan segalanya namun tetap bertahan." (Some Kind of Wonderful by Winna Efendi

"Billie tidak bisa berhenti bertanya-tanya dengan naif mengapa beberapa wanita mendapatkan banyak hal sejak mereka dilahirkan -kecantikan, pendidikan, kekayaan, bakat- sementara yang lain harus memulai hidup dengan begitu sedikit anugerah." (The Girl On Paper by Guillaume Musso)

“Dia akan pergi lagi. Dia akan pergi lagi dan lagi sampai umurnya cukup dewasa dan tidak ada lagi yang bisa mengirimnya pulang.” – hlm 363 (Little Fires Everywhere by Celeste Ng)