Kamis, 12 Mei 2022

Progresnya Berapa Persen? by Soraya Nasution (resensi)




source: google



Judul: Progresnya Berapa Persen?

Penulis: Soraya Nasution

Penerbit: Elexmedia Komputindo (2019)

Jumlah halaman: 359 hlm.

Baca via: Gramedia Digital

 

Lagi, penasaran sama novel ini karena keracunan base di twitter haha. Seberapa kece sih si tokoh utama laki-laki di Progresnya Berapa Persen? sampe orang-orang banyak yang bucin?

Well, PBP? bertema office romance. Agak jarang sih baca tema ini, yang aku inget tuh pertama dan terakhir kali baca tema ini cuma Resign dan Ganjil-Genap punyanya Almira Bastari. Sekarang nyoba lagi dari penulis lain.

Ini pertama kalinya baca punya Soraya Nasution, kesan pertamanya, weh buseh, nyaris mirip sama Resign dari segi premisnya. Bos yang diem-diem naksir pegawainya. Si bos lempeng aja berasa lagi pdkt watados sementara si pegawai kebingungan sama tingkah si bos.

Meski premisnya mirip, tapi alur ceritanya tetep beda kok. Gue masih tetep penasaran sama sosok Dewangga si tokoh utama ini.

Secara garis besar, office romance ini termasuk yang slowburn dari sisi romance-nya. Di awal, yang banyak diceritain adalah keseharian para pegawai kantor di perusahaan. Meskipun gaya penulisannya enak buat diikutin, somehow gue ngerasa lagi masuk ke tongkrongan orang lain.

Banyak banget dialog sehari-hari, becanda, ngobrol biasa, yang kadang bikin gue mikir ini penting gak sih dimasukin ke novel. Karena gue mikirnya beberapa ada yang nggak perlu dan nggak ngaruh sama konfliknya sendiri.

Tapi karena konfliknya juga nggak terlalu keliatan, novel ini jadi kayak snack ringan yang bisa dibaca kalau lagi nggak ada kerjaan aja. Jadi gue mewajarkan aja deh banyak percakapan nggak penting.

Yang bikin gue suka sama novel ini adalah banyaknya kegiatan kantor yang dimasukin, detail soal pekerjaan konsultan bidang konstruksi. Meskipun gue nggak ngerti padahal udah ada catatan kaki tentang istilah-istilah teknik, tapi gue tetep aja suka baca novel yang membahas hal-hal baru buat gue. Anak teksip akan menyukai novel ini mungkin ya haha.

Lanjut soal karakter, di sini orangnya banyak, rame bener deh. Ada Pak Dewangga, April, Sheila, Kenzo, Naufal, Clinton, Adrinta, sama Ryan. Maap kalo ada yang kelewat. Untungnya, novel ini punya pov orang pertama April, jadi nggak terlalu pusing sama karakter-karakter lain.

Kalo mereka bilang mereka adalah circle yang paling bikin betah dan nyaman selama di kantor, gue sebagai pembaca yang ngintip obrolan dan keseharian mereka di kantor, mohon maaf untuk tidak setuju HAHA. Apa ya, menurut gue nggak ada yang menarik dari pertemanan mereka. biasa aja. Humornya juga gak banyak yang nyampe ke gue.

April sebagai tokoh utama pun menurut gue biasa aja. Nothing special. Lalu buat Pak Dewangga alias Pakde, menurut gue sama aja haha. Kalo bandingin sama Tigran sih, emang lebih creepy Tigran. Tapi entah kenapa gue nggak terlalu suka sama tipe-tipe kayak mereka, yang seolah-olah nggak mikirin posisi/perasaan partnernya dan tetep ngelancarin serangan pdkt.

Konfik baru dimulai saat Pakde mau deketin April, dan sekali lagi menurut gue alur konflik sampai ke penyelesaian nggak begitu menarik. Apalagi dengan ending yang udah kentara banget, makin bikin gue mikir nothing special with their relationship. No baper baper kayak yang orang lain bilang. Atau gue yang aneh aja kali y?

Overall, novel ini cocok dibaca bagi penggemar office romance yang asik, ringan, ngalir, dan nggak banyak drama. Nilai plus gue buat novel ini cuma terletak di kegiatan kantornya aja yang bikin gue punya insight baru. Sisanya, so-so lah. Not exciting alias biasa aja haha.

Gue baca ini cuma karna penasaran sama Pakde, turns out he’s flat. Tigran memang creepy, tapi karena tokoh ceweknya yang rempong dan abur-aburan, jadi Resign menurut gue lebih gereget. Nah PBP ini versi kalemnya lah.

Jadi, gue cuma ngasih 2.5 aja buat Progressnya Berapa Persen? Mungkin bakal baca karya Soraya Nasution yang lain kalau mungkin premisnya lebih menantang. Hehe. 

Mau koleksi novel ini? Jangan lupa beli yang ori! Klik link di sini!

Dont forget to click the follow button or submit your email below! See you on another review!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Fav-Qoutes

"Kekuatan ada pada diri orang-orang yang tetap bangun dan menjalani setiap hari meski hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah hidup. Kekuatan datang dari senyum mereka yang bersedih, dari orang-orang yang telah kehilangan segalanya namun tetap bertahan." (Some Kind of Wonderful by Winna Efendi

"Billie tidak bisa berhenti bertanya-tanya dengan naif mengapa beberapa wanita mendapatkan banyak hal sejak mereka dilahirkan -kecantikan, pendidikan, kekayaan, bakat- sementara yang lain harus memulai hidup dengan begitu sedikit anugerah." (The Girl On Paper by Guillaume Musso)

“Dia akan pergi lagi. Dia akan pergi lagi dan lagi sampai umurnya cukup dewasa dan tidak ada lagi yang bisa mengirimnya pulang.” – hlm 363 (Little Fires Everywhere by Celeste Ng)