Sabtu, 05 Mei 2018

[RESENSI] Departure by Resti Dahlan

Instagram: @arthms12


Judul: Departure
Penulis: Resti Dahlan
Ilustrasi Sampul: Orkha Creative
Proofreader: Kavi Aldrich
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2018)
ISBN: 9786020378794
Jumlah halaman: 224 hlm.

Blurb:

Gifty sangat membenci Lei Han. Sejak menginjakkan kaki di Foshan, dia langsung menyusun rencana untuk menghancurkan hidup putra tunggal pemilik perusahaan software terbesar di Cina itu. Gifty sudah menyiapkan perangkap dengan matang, meski harus mengorbankan hal penting di hidupnya. 

Lei Han selalu menjaga Gifty dari jauh. Melindungi gadis itu menjadi prioritasnya di sela-sela kegiatan kuliah dan bisnis yang baru dia rintis. Akan tetapi, Gifty telanjur berprasangka buruk terhadapnya. Satu-satunya cara menepis kesalahpahaman itu dengan masuk ke perangkap Gifty.

Secara tak terduga, Lei Han menawari Gifty menjadi asisten pribadi pemuda itu. Tentu saja gadis itu tak menolaknya karena dia bisa mengetahui kelemahan Lei Han dan langsung menghancurkan hidup pemuda itu.

Sayangnya, justru dia yang terjebak oleh sikap Lei Han yang sulit ditebak. Lantas, benarkah tuduhan yang Gifty lontarkan pada Lei Han? Atau sebenarnya ada hal tersembunyi yang tidak dia ketahui?

---

Review

Novelnya cukup ringan untuk young adult dan gak bikin degdegan atau gimana. Konfliknya emang unik, cukup menantang dan bikin penasaran XD aku selalu suka latar di luar negeri, orang-orang luar, ditambah konflik kayak gini bikin aku jatuh cinta waktu bacanya: prolog yang asik, bab-bab awal yang langsung menemukan konflik.

Keseharian Gifty di Foshan bikin aku iri *cry* di hidupnya banyak terjadi sesuatu yang bikin aku semangat bacanya. Mulai dari Kai yang neror dia buat nambah poin di universitas, terus ada Lei Han yang diam-diam menjaga Gifty dan juga berhubungan dengan 'masa lalu' yang disembunyikan.  Memang di blurb ceritanya tentang Gifty yang ingin menghancurkan hidup Leihan, seolah-olah cuma ada Gifty dan Leihan. Tapi ternyata isinya lebih banyak porsi Gifty dan Kai beserta tugas-tugas mereka.

Tapi mungkin itu karena buku ini bakal ada lanjutannya, jadi kayak cuma semacam prolog dari suatu 'rencana' penulis yang lebih misterius lagi dan mendebarkan lagi. Dan sejujurnya aku benar-benar tidak mendapatkan jawaban apa-apa dari setiap teka-teki makanya aku yakin pasti buku ini bakal ada lanjutannya. Belum lagi epilognya jelas banget tanda bahwa akan ada lanjutan XD

Aku juga merasa sedang membaca naskah drama korea di novel ini :D Gifty yang terbang ke Foshan, Cina untuk 'membalas dendam' sementara orang yang ditargetkan malah diam-diam melindungi, juga ada Kai yang awalnya deketin Gifty buat ngebantu masalah akademik malah tumbuh benih-benih uhuk. sebenernya ada satu lagi laki-laki di hidup Gifty yaitu JinRu yang masih misterius di sini. Dia tipe badboy yang gak mentingin kuliah dan cuma maen game.

Aku penasaran apa peran JinRu nanti setelah konfliknya makin besar di buku kedua XD  Karakter-karakternya juga aku suka semua! Mereka semua misterius dan 'licik' dalam sisi yang berbeda-beda.

Aku juga paling suka sosok utama cewek yang badass kayak Gifty, dia berani dan kadang nekat XD  Visual Leihan mungkin lebih enak buat dibayangin secara dia cowok 19 tahun yang udah jadi CEO dan anak konglomerat, dia juga keren dan kalem. Tapi kenapa aku lebih suka Kai yang menurutku lebih gagah :D mungkin daripada Leihan yang harusnya jadi tokoh utama(?) Kai lebih banyak ditampilkan di novel ini.

Soal gaya bahasa, aku pikir gak berat sih, cuma kadang-kadang aku perlu mengulang suatu paragraf biar bener-bener ngerti apa yang penulis maksud XD tapi aku enjoy banget bacanya, setiap scene yang ada selalu seru!

Aku merasa alurnya juga gak maju dan baru maju ketika mendekati akhir, mungkin memang sengaja (kan mau ada buku kedua hehe). Terlalu banyak teka-teki yang belum terungkap dan setiap tokoh pun belum ada yang dijabarkan sampai detail. Aku sukaaaa pokoknya sukaa banget😆

Anyway, aku suka penggambaran suasana kampus di sana, sistem mereka, kegiatan mereka, aku bener-bener ngerasa diajak ke Cina XD overall, aku sangat menantikan buku keduanya!
4 bintang dariku✨

6 komentar:

  1. Hey.Senang banget ada yang review buku ini jadi lebih tau gambaran besar mau buat tugas analisis novel yang sama. Btw, aku boleh minta bantuan buat kutipan dan halaman yang menandakan ini novel ada sekuel atau bersambung nya terdapat di bagian mana ? butuh banget plis aku baru baca setengah dari bagian novel yang aku tangkep cuma aku belom nemu titik masalah kenapa gifty dan lei han saling bisa berkaitan pada mulanya dari masalah apa, sampai gifty bisa benci banget sama lei han. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Makasih udah mampir:)

      Kalau soal sekuel, aku juga tau novel ini bakal ada sekuel dari temen-temen di instagram, dan penulisnya juga udah konfirmasi kalau memang akan ada sekuel yang judulnya "Arrival".

      Di buku pertama ini emang belum ketauan konflik utama penyebab Gifty benci sama Lei Han, yang jelas, pasti ada hubungannya sama mendiang ibunya Gifty. Clue-nya masih sangat minim😖

      Tapi bisa diliat dari epilognya, novel ini gantung banget, nah pasti ada sekuel :D

      Hapus
    2. Maaf mba saya penasaran bgt, sekuelnya departure udah keluar belum ya?

      Hapus
    3. Belum ada kabar sampai sekarang :')

      Hapus
    4. mba mau nanya, sekuel departure udah keluar belum ya?

      Hapus
    5. Setauku belum ada sampai sekarang:')

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Fav-Qoutes

"Kekuatan ada pada diri orang-orang yang tetap bangun dan menjalani setiap hari meski hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah hidup. Kekuatan datang dari senyum mereka yang bersedih, dari orang-orang yang telah kehilangan segalanya namun tetap bertahan." (Some Kind of Wonderful by Winna Efendi

"Billie tidak bisa berhenti bertanya-tanya dengan naif mengapa beberapa wanita mendapatkan banyak hal sejak mereka dilahirkan -kecantikan, pendidikan, kekayaan, bakat- sementara yang lain harus memulai hidup dengan begitu sedikit anugerah." (The Girl On Paper by Guillaume Musso)

“Dia akan pergi lagi. Dia akan pergi lagi dan lagi sampai umurnya cukup dewasa dan tidak ada lagi yang bisa mengirimnya pulang.” – hlm 363 (Little Fires Everywhere by Celeste Ng)