Senin, 24 September 2018

[RESENSI] The Midnight Star by Marie Lu

instagram: @arthms12



Judul: The Midnight Star
Penulis: Marie Lu
Penerjemah: Prisca Primasari
Penyunting: Dyah Agustine
Proofreader: Emi Kusmiati
Desain Sampul: Windu Tampan
Penerbit: Mizan Fantasi (Oktober 2017)
Jumlah halaman: 381 hlm
ISBN: 978-602-6699-05-3

Blurb:

Syahdan, kegelapan menyelimuti dunia, dan ia memiliki seorang ratu.

Adelina pikir, tiada lagi penderitaan. Dia telah membalas dendam pada mereka yang mengkhianatinya. Sang Serigala putih memenangi takhta Kenettra, tapi seiring bertambahnya kekuasaan, dia menjadi semakin kejam. Kegelapan dalam dirinya semakin tak terkendali, ingin menghancurkan semua yang ada di dekat Adelina.
Kemudian, ancaman baru muncul, dan Adelina beserta para Mawar mau tak mau harus bekerja sama dengan para Belati untuk menghadapinya. Namun, aliansi mereka yang sarat kecurigaan dan pengkhianatan mungkin lebih berbahaya dari apa pun. Bagaimanakah nasib para Elite selanjutnya?\

---

Aku sebenernya nggak sanggup nulis resensinya. Bilang aku lebay, tapi buku ini sukses bikin aku hancur, remuk redam, berantakan, dan lain-lain.

Dari ketiga buku seri The Young Elites, aku tanpa ragu bilang kalau The Midnight Star adalah yang terbaik. Kalau di TYE atau TRS kan prolog sebelum sampai di konflik utama agak lama, bisa sampai setengah buku, tapi kalau TMS ini dari awal memang udah seru dan menegangkan.

Lagi, aku memang selalu parno ketika membaca TYE dan TRS, tetapi TMS bikin rasa parno itu jadi dua kali lipat XD

Adelina berpikir semuanya telah selesai, dia menjadi Ratu Kenettra dan menjajah semua pulau di Sealand lalu menjadi Ratu Sealand. Tapi ada masalah baru muncul, Violetta yang kabur menuju para Belati di Tamoura tiba-tiba jatuh sakit. Sakit yang berbahaya. Dan semuanya adalah dampak dari suatu kekuatan misterius. Lautan menjadi salah satu korbannya, juga para balira.

Raffaele mau tidak mau memanggil Adelina untuk bersekutu, kemudian mereka melakukan perjalanan bersama-sama. Para musuh berada dalam satu kapal, demi menyelamatkan nyawa umat manusia.

Simpel? Ya, buku ketiga ini lebih simpel daripada The Rose Society yang menurutku agak ribet. Tapi tidak sesederhana The Young Elites yang cuma pendahuluan.

Jujur menurutku ini adalah konflik yang lebih bagus daripada dua novel sebelumnya. Aku suka karena para Elite bergabung menjadi satu, meskipun mereka masih bermusuhan satu sama lain. Keterlibatan dewa-dewa dalam konflik ini menambah rasa kesukaanku kepada TMS.

Alurnya nggak selambat dua novel sebelumnya, seperti yang kubilang, dari halaman awal pun, novel ini sudah menegangkan XD banyak kejutan-kejutan dan tentunya kekejaman Adelina yang menurutku keren mwehehe.

Novel ini masih sekelam dan sesuram novel-novel sebelumnya, dan dijamin tetap bikin depresi XD dan sakiiiiit hati.

Sebenarnya ada banyak yang mau aku bicarain tentang novel ini tapi aku masih kalut, masih bookhangover, dan aku nggak berani buka buku ini lagi jadi nggak tunda bikin review hheheheuheuh
Tokoh-tokohnya masih sama seperti sebelumnya, tapi yang beda, aku jadi makin suka sama Teren. Menurutku, Teren itu mandiri, dia memusuhi semua orang, dan nggak memihak siapapun makanya aku suka. Terus Magiano, yang banyak fans-nya waktu muncul di TRS, sebenarnya aku kurang bisa dapet karakter Magiano, kurang dieksplor di TRS, tapi di TMS, kurasa ku tlah jatuhhhh cintaaa~ *nyanyi*

Tokoh favoritku, masih Adelina. Nggak tahu ya, meskipun dia antagonis dan (kayaknya) para Belati yang baik, aku nggak bisa suka Raffaele dkk. Soalnya ketiga novel ini didominasi Adelina, didominasi pikiran-pikirannya, mau nggak mau aku pasti dukung dia. Tapi, satu hal yang janggal dan terkesan memaksa adalah endingnya.

Entah, tapi aku merasa endingnya, sosok Adelina berubah karakter. Seperti bukan Adelina. Selama tiga buku aku ‘mengenal’ Adelina, aku rasa dia nggak akan mungkin melakukan itu, nggak mungkin memilih keputusan itu. Apalagi cuma karena Violetta yang notabene, adik yang jahat, nyebelin, kualat, wkwkwk. Keterikatan persaudaraan mereka juga nggak begitu menonjol, makanya aku aneh banget rasanya, kayak dipaksain.

Lalu, aku juga merasa masih banyak rahasia-rahasia yang belum terungkap dan aku sebal, khususnya masalah Magiano. Ya, ginilah akibat kebanyakan tokoh.

Pokoknya, aku dalam mode benci dan cinta sama series ini. Aku pengen banget masukin TYE series jadi salah satu seri favoritku tapi aku..nggak sanggup. Luka yang dibuat ketiga novel ini, khususnya TMS, terlalu besarrrrr dan aku masih trauma sama Marie Lu hahahaha XD

Ada banyak hal-hal yang disayangkan kenapa ide cerita sebagus ini harus dibuat demikian. Aku..nggak habis pikir. Padahal aku menikmati kekelaman cerita ini, tapi, akhirnya, aku benci.
Overall, 4 bintang. Tiga buku berturut-turut aku kasih 4 bintang, padahal TMS berpotensi dikasih seribu bintang, tapi, ya. Gitu.

Mau nangis.

Jadi, syarat baca The Young Elites Series adalah persiapin hati dan mental yang kuat. Kalau hati kalian kayak hatiku yang fragile tingkat tinggi, siap-siap banyak sakit di mana-mana, patah di mana-mana dan hancur lebur pokoknya dibantai sama Marie Lu. Heu.

Kutipan-kutipan yang kuambil dari The Midnight Star:

“Aku Serigala Putih, Ratu Sealand–tetapi bagi Raffaele, aku hanya orang yang menjadi berguna lagi, dan itu membuat dirinya tertarik padaku sekali lagi.” – Adelina (hlm 165)
“Aku takut. Setiap hari, aku bangun dan bertanya-tanya apakah ini akan menjadi hari terakhirku hidup di alam kenyataan.” – Adelina (hlm 253)
“Tetapi kau juga bersemangat dan ambisius dan setia. Kau adalah seribu hal, mi Adelinetta, bukan hanya satu. Jangan membatasi dirimu pada satu hal saja.” – Magiano (hlm 256)
“Mungkin setelah seribu kali menjaili kematian, kematian akhirnya berbalik melawan mereka.” – hlm 289
my favorite:
 "I'm going to follow her, of course. As the night sky turns. When she appears on the other side of the world, I will be there, and when she returns here, so will I." - Magiano.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Fav-Qoutes

"Kekuatan ada pada diri orang-orang yang tetap bangun dan menjalani setiap hari meski hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah hidup. Kekuatan datang dari senyum mereka yang bersedih, dari orang-orang yang telah kehilangan segalanya namun tetap bertahan." (Some Kind of Wonderful by Winna Efendi

"Billie tidak bisa berhenti bertanya-tanya dengan naif mengapa beberapa wanita mendapatkan banyak hal sejak mereka dilahirkan -kecantikan, pendidikan, kekayaan, bakat- sementara yang lain harus memulai hidup dengan begitu sedikit anugerah." (The Girl On Paper by Guillaume Musso)

“Dia akan pergi lagi. Dia akan pergi lagi dan lagi sampai umurnya cukup dewasa dan tidak ada lagi yang bisa mengirimnya pulang.” – hlm 363 (Little Fires Everywhere by Celeste Ng)