Sabtu, 23 September 2017

[RESENSI] The Maps of Bones (The Fire Semon #2) by Francesca Haig



Judul: The Maps of Bones
Penulis: Francesca Haig
Penerjemah: Reni Indardini
Penyunting: Lisa Indriyana
Penata aksara: CDDC
Perancang sampul: artgensi
Penerbit: Noura Books (Mizan Fantasi) 2016

Blurb:

Piper menyentuh wajahku. Dia tidak menginginkan apa-apa, cuma bermaksud menghiburku. Namun aku tidak bisa dihibur. Aku rusak sungguhan. Benakku dipenuhi bayangan api, terawangan mengenai Kip di dalam tangki, dan momen ketika Kip jatuh ke lantai silo. Piper tak akan mengerti ada hal-hal yang tidak bisa diperbaiki.

Cass tak bisa menyingkirkan bayang-bayang kejadian pada hari itu, ketika Kip mengorbankan nyawa demi menyelamatkannya. Sesuatu yang bahkan belum tentu sudi dilakukan Zach –kembaran Cass– seandainya tidak ada ikatan kematian yang mempersatukan Alpha dan Omega.

Alpha dan Omega lahir dan mati secara bersamaan –sesuatu yang alami dan tak terhindarkan. Namun hal itu tidak menghalangi para Alpha untuk mengucilkan saudara-saudara Omega-nya. Batas-batas tetap terbentuk dan diskriminasi terjadi di mana-mana

Cass dan kawan-kawan seperjuangannya sudah muak ditindas. Meskipun masih dihantui terawangan tentang masa depan dan mimpi buruk mengenai kematian Kip, dia masih berusaha menemukan jalan untuk kehidupan layak dan kesetaraan bagi para Omega.


Melanjutkan review-ku sebelumnya, ini adalah buku kedua dari trilogi The Fire Sermon yang berjudul The Maps of Bones. Seperti yang dikatakan di blurb bahwa Kip, teman seperjalanan Cass di buku satu telah meninggal. Kematian Kip yang setidaknya turut membantu dalam memperlambat gerakan rencana Dewan.

Kisah berlanjut dengan pencarian Tempat Lain, sebuah tempat yang katanya lebih baik. Tapi selama perjalanan itu, aku merasa cukup bosan karena Cass terus saja bersikap terpuruk dan mengingat-ngingat Kip. Butuh waktu lama bagi Cass untuk move-on, tapi narasi yang disampaikannya tidak begitu datar, berbagai permasalahan kecil juga ikut menambah nilai plus.

Mereka melakukan perjalanan sambil menghindari serdadu Dewan, juga bertemu banyak orang yang dulunya terlibat gerakan perlawanan. Tapi masalah muncul di tengah-tengah, terawangan Cass soal tempat pelariannya dulu bersama Kip, New Hobart, menimbulkan masalah besar.

Di sana Dewan bukan hanya sekadar melakukan isolasi untuk menemukan buronan ( Cass dan Kip) tetapi ada sesuatu yang Dewan cari di sana, sesuatu yang berhubungan dengan mesin, dengan Tempat Lain.

Cass, serta Zoe dan Piper mulai berangkat ke New Hobart, tapi di sana mereka mengalami kesulitan karena Dewan sudah mulai melakukan tindakan memasukan Omega ke dalam tangki, sesuatu mengerikan yang dicetuskan saudara kembarnya sendiri, Zach.

Tidak ada jalan lain, perang tak terhindarkan. Dan jujur di bagian ini aku sangat menikmati ceritanya. Suasana perang dan sabetan pedang yang sangat terasa. Satu serdadu Alpha yang mati di medan perang, pasangan Omeganya akan langsung tumbang di mana pun dia berada, begitu pun sebaliknya. Di bagian ini juga aku makin menyukai ide bahwa pasangan kembar terikat dengan kematian.

Tiga ribu serdadu dewan melawan lima ratus orang Omega di gerakan perlawanan.
Konflik mereka tidak sampai di situ, karena mereka tetap harus menemukan Tempat Lain. Beruntung karena spesialis Cass adalah menemukan sebuah tempat, mereka akhirnya menemukan Bahtera, tempat yang menyimpan sejarah tentang orang-orang yang bertahan dalam ledakan di masa lalu.
Di sana dia bertemu Zach, juga seorang yang amat dekat dengan dirinya; Kip.

Well, jujur aku lebih menikmati buku kedua daripada yang pertama. Buku pertama secara garis besar hanya berupa pelarian yang sangat lama dan kurang aksi. Meskipun sama-sama berbalut perang antar kembar, tapi buku kedua ini terkesan lebih hidup. Juga ditambah lagi dengan banyaknya rahasia yang terungkap dan ini sangat menantang buatku.

Untuk ending-nya, seperti kebanyakan trilogi lainnya tentu saja ending-nya menggantung hanya saja aku sangat puas dan bersemangat. Diakhiri dengan harapan besar namun seakan-akan hanya bayangan yang suram.

Terakhir aku memberikan 4.5 bintang lagi karena novel fantasi ini belum bisa membuatku kecanduan:) 
Tapi aku akan tetap menantikan buku ketiganya, yang masih belum ada kabar. Dan juga aku nggak rela kalau sampai nggak tahu akhir dari tokoh favoritku; Zach.

Psst, Zach memang muncul hanya sedikit dalam dua novel ini tapi entah kenapa aku tersihir sama karakternya. Dibanding para protagonis; Cass, Zoe dan Piper, aku lebih menyukai Zach HAHA.


Quotes~

“Apa bedanya andaikan aku memberitahu nama pemberian orangtuaku? Kenapa nama pemberian orangtua lebih autentik daripada nama yang kita pilih sendiri?” – sang Pemimpin Sirkus (hlm 65)
“Aku sendiri sering mempertanyakannya. Adakalanya aku merasa kewarasanku bakal terlepas bagaikan gigi tanggal. Ketika kebakaran meledak dalam benakku berkali-kali, aku sendiri heran bisa-bisanya aku masih normal seperti sediakala.” – Cass (hlm 120)
“Kata-kata merupakan simbol tak berdarah yang bisa kita andalkan demi menjaga jarak dari dunia.” – hlm 381
“Kami seharusnya belajar dari pengalaman bahwa tak ada yang lebih berbahaya daripada harapan.” – 542


2 komentar:

  1. Seri ketiga nya belom keluar juga kan yaa? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya belum ada padahal udah lama keluar versi aslinya :(

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Fav-Qoutes

"Kekuatan ada pada diri orang-orang yang tetap bangun dan menjalani setiap hari meski hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah hidup. Kekuatan datang dari senyum mereka yang bersedih, dari orang-orang yang telah kehilangan segalanya namun tetap bertahan." (Some Kind of Wonderful by Winna Efendi

"Billie tidak bisa berhenti bertanya-tanya dengan naif mengapa beberapa wanita mendapatkan banyak hal sejak mereka dilahirkan -kecantikan, pendidikan, kekayaan, bakat- sementara yang lain harus memulai hidup dengan begitu sedikit anugerah." (The Girl On Paper by Guillaume Musso)

“Dia akan pergi lagi. Dia akan pergi lagi dan lagi sampai umurnya cukup dewasa dan tidak ada lagi yang bisa mengirimnya pulang.” – hlm 363 (Little Fires Everywhere by Celeste Ng)