Selasa, 07 Agustus 2018

July Wrap Up!

IG: @arthms12

July Wrap-up

Kali ini nggak sebanyak dulu, aku cuma bisa selesai-in 12 buku, yang kesemuanya aku baca di Gramedia Digital.

Nggak usah basa-basi panjang-panjang, aku mau langsung aja nulis wrap-up ini soalnyaaaa banyak banget buku bagus yang aku baca dan sukaaaaa. Lets start! :D

1.      Childhood Memories by Dhita Puspitaningrum

Baca ini karena kovernya bagus dan terutama sinopsisnya yang bikin geregetan! Jadi singkatnya gini: Sandra yang manja dan anak gahol Jakarta harus rela nerima hukuman buat tinggal sama neneknya di Bandung. Di sana dia ketemu Ardan, cowok temen masa kecilnya dulu. Mereka satu sekolah, temenan lagi kayak dulu, tapi lama-lama Sandra jadi kesel soalnya Ardan ngomongin cewek yang disukainya mulu. Yauda deh Sandra juga punya kecengan kok, cowok imut mirip Afgan yang dikenalnya di kafe dekat rumah. Ardan sama ceweknya, Sandra sama cowoknya. Lalu begitulah..

Tapi setelah baca jujur aku kecewa sama isinya. Bagus sih, cuma terlalu datar buatku. Nggak ada ‘gelombangnya’, konfliknya biasa, membosankan, de el el. Intinya ternyata novel ini bukan seleraku. So sorry. Aku cuma kasih 2.5 bintang aja :’)

2.      Arial vs Helvetica by Nisa Rahmah

Sorry kalau ngebuka wrap-up ini dengan novel-novel yang nggak begitu aku suka. Lagi-lagi, aku baca novel ini karena kovernya yang cute abissss. Bikin nggak tahan buat nggak baca. Singkatnya begini: Arial itu saingan Helvy beberapa tahun lalu di acara cerdas cermat gitu, nah pas SMA ketemu lagi jadi saingan di pelombaan desain(?). Anehnya, dari dulu mereka masih inget satu sama lain (padahal menurutku konflik mereka pas SMP itu biasa aja), Arial pengen deketin Helvy gitu soalnya si Helvy ini judes dan menutup diri gegara masa lalunya. Akhirnya karena Arial nolongin Helvy suatu waktu, mereka jadi deket..deket..jalan bareng..bla bla.

Jujur, aku nggak tahu inti cerita ini apa, tapi yang pasti amanatnya banyak, Kata judulnya, mereka saingan, tapi inti persaingan itu nggak ditonjolkan. Entah deh. Konfliknya datar aja, agak bosan juga. Tapi ide font-nya unik. Cek kesan-kesanku yang lebih banyak di sini

3.      Breaking Point by Pretty Angelia

WOW. HIGHLY RECOMMENDED PAKE CAPSLOCK DEH!

Sumpah novel ini keren pake banget. Aku kadang bingung mau review apaan sama novel yang aku suka huhu :(

Singkatnya begini: di sekolah Geta ada masalah korupsi gitu, sebagai mantan osis yang berdedikasi tinggi, Geta bantuin adik kelasnya buat ngusut kasus ini. Tapi tiba-tiba dia jadi tersangka atas kasus percobaan bunuh diri yang dilakukan temen sekelasnya. Geta dikeluarin dari sekolah. Setelah itu dia ikut Paket C buat dapetin ijazah SMA. Di sana dia ketemu Vierro si pemain catur (nggak bisa ikut UN soalnya ada tanding), Daniar yang sakit-sakitan tapi pengin punya ijazah dan Bogel, mantan napi yang udah tobat. Bersama-sama mereka mengarungi kehidupan sebagai siswa paket C. Ah pokoknya seru abis! Romansa antara Geta dan Vierro bikin gereget, belum lagi ketika Daniar tiba-tiba jauhin Geta karena suatu hal, solidaritas antar teman, melepaskan, perjuangan, segala macem kamu bakal temuin di novel ini! Konfliknya asik dan seru banget. Aku bahkan kasih 4.5 bintang~ baca disini lebih lengkapnya. 

4.      Seven Minutes in Heaven  by Yuanita Wong

Kovernya cantik, ceritanya manis, endingnya kelam. Kombinasi mautttt. Pertama baca, narasinya asik banget mirip terjemahan, latarnya juga di luar, aku enjoy banget bacanya. Romancenya juga dapet dan bikin baper. Singkatnya begini; Mia mau ngasih surat cinta ke Grey, tapi pas mau masukin surat ke loker Grey, si Grey muncul dah. Mia gelagapan dan akhirnya masukin surat itu ke loker orang lain. Nah, ternyata loker itu punya Liam. Liam salah paham soalnya nama tengahnya juga Grey, makanya dia bikin Mia susah karena ngedeketin cewek itu mulu. Nah si Liam ini juga yang dulu pernah kejebak permainan Seven Minutes in Heaven nih sama Mia. Gemes banget baca kesalahpahaman ini, tapi nggak sampai di situ, justru aku malah menemukan twist dan kekelaman di dalam novel ini....sejujurnya aku belum paham betul sama endingnya, udah dijelasin sama temen tapi kenapa aku tetep merasa ada sesuatu yang tersembunyi di balik ending itu, sesuatu yang lebih WOW lagi. 4 bintang untuk SMiH, recommended!!

5.      Love Theft by Prisca Primasari

ANOTHER HIGHLY RECOMMENDED!

Bosen sama kisah cinta yang biasa aja? WAJIB hukumnya kamu baca Love Theft. Kalau biasanya baca kisah cinta di sekolah, kantor, dan kehidupan sehari-hari yang relate, Love Theft bakal bawa kamu ke tengah-tengah bahaya. Singkatnya gini: Frea punya paman seorang pemimpin kelompok pencuri. Dia mahasiswa musik yang mutusin buat cuti dan bantu-bantu si paman. Di sana, dia kenal dua cowok tampan: Liqour dan Night. Suatu misi bikin Liqour harus berurusan sama seorang Coco, cewek manja dan kaya raya. Ternyata misi pencurian itu malah bikin mereka berada di dalam bahaya.

AH pokoknya! Seru! Banget! Gila! Sumpah! Nyesel deh kalian yang nggak baca novel ini. Antimainstream dan menegangkan huhu! 4.5 bintang untuk Love Theft.

6.      Pangeran Kumbang by Ayu Dewi

Merupakan novel yang dibaca karena tipis HEHE dan penasaran kenapa judulnya kayak dongeng anak-anak? Ceritanya gini: Galang punya pacar pas SMA namanya Sonia. Sonia punya adik namanya Kintan. Galang disuruh pindah ke Belanda pas lulus soalnya ortunya keja di sana eh Sonia meninggal karena kanker :(. Galang pulang ke Indonesia sepuluh tahun kemudian dan ketemu Kintan yang anehnya jadi miriiiip banget sama Sonia kecuali sifatnya. Galang pengen lindungin Kintan. Ternyata sudah sejak lama, sejak Galang masih sama kakaknya, Kintan naksir Galang. Lalu begitu.. Di novel ini juga diceritain katanya Galang lagi baca buku yang judulnya Pangeran Kumbang trus ada beberapa penggalan buku itu dituliskan di novel ini, trus aku nangkapnya, ending Pangeran Kumbang itu sama kayak ending Kintan-Galang. Esensinya? Nggak tahu juga kenapa dibuat begitu.

Aku cukup terhibur baca novel ini meskipun dikit-dikit ada drama gitulah, tapi sumpah kalean semua akan terpana membaca endingnya seperti aku....3.5 bintang. Oh ya, novel ini juga banyak narasinya jadi agak capeeek:(

7.      Kilovegram by Mega Shofani

Pernah diledekin gegara gemuk? “Kamu cantik sih tapi sayang gemuk.” Itulah kalimat yang sering Aruna denger dari temen-temennya. Cuma satu orang yang dibolehin untuk ledek dia yaitu Raka, sahabatnya dari kecil. Tapi mendadak Aruna sebel sama Raka soalnya Nada, sepupunya yang mutusin tinggal di rumahnya dan satu sekolah dengannya mencuri perhatian Raka. Aruna mau diet, tapi dietnya salah. Dan ternyata, gemuk nggak ngehalangin seseorang buat jadi gemilang loh.

Novel ini asik banget terutama tentang amanatnya bagi cewek-cewek yang minder karena gemuk. You’re beautiful just the way you are....intinya begitu dah. Sejujurnya agak sebel sama Raka ini, dasar cowok plin-plan :( baca di sini lebih lengkapnya.
3 bintang.

8.      Let Go by Windhy Puspitadewi

Ya Lord...aku nggak mau percaya ini karya debut. Katanya sih itu. Aku nggak cari tau wkwk. CERITA INI BAGUS BANGET. Simpel dan bermakna, seru, lucu, konfliknya banyak dan relate sama kehidupan remaja tapi dikemas secara asik.

Ceritanya: Caraka bukan sosok yang digilai banyak cewek karena tampan atau badboy atau apa, sosoknya sederhana banget. Tapi dia istimewa dengan caranya sendiri. Dan dia..nakal. dikit. Dia dihukum buat ngurusin klub mading bareng Nathan (si pinter yang sinis), Nadya (ketua kelas, OSIS, super sibuk, tegas bla bla) dan Sarah si cewek pemalu.

Ternyata banyak manfaat yang Raka ambil dari berteman dengan orang-orang kayak gitu, dan seriously ini bikin...hati jadi anget. Interaksi mereka semua itu..relate banget sama anak-anak SMA yang ‘sebenarnya’. Belum lagi ada romancenya..bacaan wajib buatku, dan bonusnya ada bromance-nya juga loh antara Raka dan Nathan. Cubangggg pokoknya! Banyak pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Novelnya bagus banget dan recommended! 4.5 bintang aku kasih buat novel ini, alasannya disini

9.      A Poem with Your Name by Adi K.

Buku puisi! Aku jarang baca puisi dan nggak terlalu suka baca puisi. Tapi buku ini lumayan menyentuh hati dengan kata-katanya yang indah dan juga ilustrasinya yang cakep banget:(( belum lagi warna dominannya adalah putih-biru yang mana itu warna favorit acu. Hehe. 3.5 bintang. Recommended bagi yang suka baca puisiiii soalnya puisinya so sweet banget gitu...

10.  Peony’s World by Kezia Evi Wiadji

Dulu baca ini soalnya penasaran sama fantasi lokal. Novelnya ringan banget dan fantasinya agak konyol buatku. Buatku ya ini. Tapi ceritanya menghibur, mirip dongeng-dongeng buat anak kecil.
Singkatnya gini: Peony punya kemampuan bikin dunianya sendiri, dia juga bisa ajak orang lain. Trus dia mengalami suatu tragedi yang bikin pacarnya meninggal, taunya Jovan si pacar ini malah muncul di dunia ciptaannya. Peony seneng dong bisa ketemua sama Jov kapan aja. Sayangnya, Jov bilang Peony nggak boleh ‘pindah tempat’ ke dunia ciptaannya setelah jam lima sore. Ternyata ada suatu sosok jahat yang mengincar Peony...berkaitan dengan masa lalu keluarganya.
Ini apa banget sih tapi jujur aku nggak srek sama nama Peony apalagi dipanggilnya Ony apalagi latarnya di Indonesia zaman modern wkwk bawaannya pengen ketawa kalau baca kata Ony. Kurang cocok aja gitu, kecuali di luar negeri latarnya atau ganti nama panggilannya wkwk (gak penting banget emang ngomentarin nama -_-) 3 bintang.

11.  Continuum by Ziggy Zezyazeoviennazabrizkie

Novel grafikkkkk. Cakeeeep bangeeeetttt. Satu hal yang kurang buatku, aku nggak paham ceritanya WKWK. Udah mah bahasa inggris, dalam bentuk puisi, tapi merangkai kisah juga, bingung, nggak paham pokoknya wkwkwk. Sinopsisnya padahal bagus:’) mungkin aku bakal reread sengaja cuma buat mendalami ceritanya, karena read pertama aku cuma tertarik sama gambarnya hehe :D 3 bintang.

12.  Welcome Home, Rain by Suarcani

Oke, aku hampir lupa kalau novel ini juga kuselesaikan di bulan Juli. Baca karena kovernyaaaaa yang cakep tiada tara sama judulnya yang sendu. Sesendu isinya :’)
Bercerita tentang Kei, pemain piano yang ‘dibawa’ tenar oleh Ghi yang seorang penyanyi populer. Mereka jadi rekan duet, pacaran beneran tapi lalu putus, Ghi jadi benci banget sama Kei soalnya dia mergokin Kei ke hotel sama bos perusahaan musik terkenal. Hm. Popularitas Kei yang baru naik langsung redup, dia berenti jadi pemain piano dan fokus aja kuliah. Namun takdir bilang Ghi harus duet lagi sama Kei dan nyanyiin lagu Welcome Home, Rain ciptaan Kei. Demi buktiin dia udah move on dari Kei, Ghi menerima itu. Dan akhirnya banyak rahasia terungkap dari sosok Kei.

Begitulah kira-kira. Lebih kompleks lagi sebenernya dan ceritanya bikin merinding disko, kenapa? Baca aja XD dibilang suka sih lumayan ya, konfliknya juga seru tapi entah kenapa menurutku kesannya mendung aja gitu, datar tapi seru(?) ya pokoknya gitu. Kisahnya menghibur dan sekaligus ingin nangis.. bukan tentang cinta yang utama, tapi novel ini bakal bikin kalian mikir ulang tentang apa yang selama ini kalian lakuin.

Konsep mimpi dan ambisi yang diambil sangatttt bagus :’)

----------

Nah, itu dia keduabelas buku yang aku baca di bulan Juli. Ada yang bikin nyantol di hati nggak? Peringkat pertama buat wrap-up di bulan Juli ini buatku adalah Love Theft!
Semoga wrap-up ini bikin kalian tertarik untuk baca bacaan yang sama denganku ya :D


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Fav-Qoutes

"Kekuatan ada pada diri orang-orang yang tetap bangun dan menjalani setiap hari meski hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah hidup. Kekuatan datang dari senyum mereka yang bersedih, dari orang-orang yang telah kehilangan segalanya namun tetap bertahan." (Some Kind of Wonderful by Winna Efendi

"Billie tidak bisa berhenti bertanya-tanya dengan naif mengapa beberapa wanita mendapatkan banyak hal sejak mereka dilahirkan -kecantikan, pendidikan, kekayaan, bakat- sementara yang lain harus memulai hidup dengan begitu sedikit anugerah." (The Girl On Paper by Guillaume Musso)

“Dia akan pergi lagi. Dia akan pergi lagi dan lagi sampai umurnya cukup dewasa dan tidak ada lagi yang bisa mengirimnya pulang.” – hlm 363 (Little Fires Everywhere by Celeste Ng)