Selasa, 21 Agustus 2018

[RESENSI] Kana di Negeri Kiwi by Rosemary Kesauly

IG: arthms12



Judul: Kana di Negeri Kiwi
Penulis: Rosemary Kesauly
Ilustrasi sampul: Orkha Creative
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (cetakan keenam: Juli 2018)
Jumlah halaman: 200 hlm.
ISBN: 9786020380315

Blurb:
Tak pernah terlintas di benak Kana bahwa dia harus pindah ke Negeri Kiwi. Itu berarti dia harus meninggalkan Yogyakarta, kota asalnya, dan Rudy, cowok yang dicintainya. Tapi apa boleh buat, mau tak mau Kana harus menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya: ayah yang dikenalnya setelah usianya lima belas tahun, teman-teman baru, sekolah baru, kebiasaan baru, dan yang lebih penting pengalaman baru.

Untung ada Jyotika. Cewek imigran India yang cantik itu langsung menjadi teman baik Kana. Namun pada tahun kedua di Negeri Kiwi, Kana mulai merasakan berbagai perubahan. Banyak masalah yang membuatnya pusing. Berat badan yang naik, tugas-tugas yang menumpuk, obsesinya pada Rudy yang tak pernah berakhir, dan lebih parah lagi Jyotika, yang selalu diandalkan sebagai tempat curhat, tiba-tiba menjauh. Jyotika menjadi cepat tersinggung dan selalu menghindar. Apa yang terjadi? Bosankah dia menjadi temannya? Ataukah karena akhir-akhir ini Kana sering jalan bareng Tsunehisa, cowok Jepang kece di sekolahnya, yang juga cowok favorit Joy?

----

Kana di Negeri Kiwi bercerita tentang Kana yang dipaksa ibunya untuk tinggal dengan ayahnya di New Zealand karena ibunya mau menikah lagi. Di sana, dia memiliki sahabat bernama Jyotika atau Joy. Konflik utama dibuka dengan Joy yang tiba-tiba berubah sikapnya kepada Kana.

Padahal, biasanya Joy tidak pernah marah dan selalu ada waktu untuk meladeni keluhan-keluhan kecil dari Kana seperti berat badan dan Rudy, mantan pacarnya di Jogja yang masih dicintai Kana.
Seperti pada blurb, konflik utama ini lebih berfokus kepada masalah yang dialami Joy, aku nggak bakal ceritain clue-nya masalah itu karena bisa spoiler dan nggak kejutan :p

Yang jelas, konflik yang diambil menurutku sangat berani. Saranku, jangan baca about author di halaman belakang novel ini jika kalian suka iseng baca halaman belakang buku, apalagi pas belum masuk konflik XD

Alasan kenapa aku lebih menyukai Kana di Negeri Kiwi (KDNK) daripada Mamimoma adalah gaya bahasa di KDNK lebih asik, mungkin karena sudut pandang orang pertama juga latar di New Zealand otomatis membuat buku ini memakai gaya bahasa yang baku tapi asik. Mirip novel-novel terjemahan deh pokoknya, aku sukak! Meski novel ini menurutku didominasi oleh narasi ketimbang dialog.

Seperti yang aku bilang, konfliknya memang cukup berani dan kadang aku pun dibuat merinding sendiri ketika membacanya. Tapi ide Kana setelah ‘badai’ itu berakhir justru lebih menarik perhatianku. Idenya membuat hm..semacam komunitas(?) bernama R.A.S.A, yang nggak akan kukasih tau singkatannya XD Ide ini nggak hanya menarik tapi mungkin memang patut ditiru oleh kebanyakan sekolah.

Selain konflik utama, novel ini juga ada bumbu romance-nya loh. Tentu saja cowok itu adalah Tsunehisa. Memang aku nggak terlalu mendapatkan chemistry antara mereka karena jatahnya udah banyak diambil sama konflik ‘badai’ itu.

Menjelang ending, entah kenapa aku jadi baru merasa bahwa novel ini adalah novel remaja. Sisi keremajaannya seakan-akan baru benar-benar muncul ketika menjelang akhir. Aku suka bagian cuplikan buku tahunan Kana yang diisi oleh teman-temannya.

Meskipun novel ini berjudul Kana di Negeri Kiwi, tapi aku nggak merasa cerita ini berfokus kepada Kana. Fokusnya lebih kepada Joy dan Kana yang mendapat pelajaran berharga atas segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Aku bahkan masih merasa cerita ini menggantung karena nggak ada kelanjutan hubungan Kana dan ibunya, atau Rudy atau tentang tujuannya setelah lulus SMA.

Karakter Kana ini bisa dibilang cewek yang bawel, narasi-narasinya juga penuh dengan humor ala Kana yang ringan dan nggak bikin bosan. Dan yang membuatku terkesan adalah, aku harus membayangkan banyak rupa di novel ini karena teman-teman Kana berasal dari negara yang berbeda-beda. Itu salah satu kelebihannya menurutku, novel ini jadi begitu berwarna :D

Overall, setelah bertahun-tahun baca novel ini dan kembali membacanya lagi, aku masih suka! Konfliknya yang telah lama aku lupakan sekarang membuatku kaget lagi serta tentang masa-masa SMA Kana yang membuatku senyam-senyum lagi.

Aku merekomendasikan kalian para remaja (atau bukan) yang mau membaca novel ringan namun dengan konflik berani, di novel ini juga banyak sekali self-reminder yang akan kita dapatkan.

Never trouble about trouble until trouble troubles you.” – Jyotika (hlm 39)
“Kadang hidup memang tidak berjalan sesuai yang kauinginkan. Dalam perjalanan hidupmu akan ada banyak orang yang meninggalkanmu dan menyakiti perasaanmu, tapi bersamaan dengan itu juga akan ada banyak orang yang memasuki hidupmu. Semuanya terus berputar.” – Dad (hlm 106)
Love actually is everywhere.” – hlm 127
Dan qoute terakhir yang paling menggambarkan novel ini adalah:
“Jangan ragu, tak usah malu, semua yang terjadi bukan salahmu.” – hlm 155


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Fav-Qoutes

"Kekuatan ada pada diri orang-orang yang tetap bangun dan menjalani setiap hari meski hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah hidup. Kekuatan datang dari senyum mereka yang bersedih, dari orang-orang yang telah kehilangan segalanya namun tetap bertahan." (Some Kind of Wonderful by Winna Efendi

"Billie tidak bisa berhenti bertanya-tanya dengan naif mengapa beberapa wanita mendapatkan banyak hal sejak mereka dilahirkan -kecantikan, pendidikan, kekayaan, bakat- sementara yang lain harus memulai hidup dengan begitu sedikit anugerah." (The Girl On Paper by Guillaume Musso)

“Dia akan pergi lagi. Dia akan pergi lagi dan lagi sampai umurnya cukup dewasa dan tidak ada lagi yang bisa mengirimnya pulang.” – hlm 363 (Little Fires Everywhere by Celeste Ng)